• INFORMASI & PENDAFTARAN
  • (0274) 586688 & 562246
Cari Dokter Berdasarkan Klinik
Cari Dokter Berdasarkan Nama
Jadwal Dokter
 

Artikel

Mengenal PICU

Admin | 11 November 2022 | 81

MENGENAL PICU (PEDIATRIC INTENSIVE CARE UNIT)

 

    Bagi orangtua memiliki anak yang sedang sakit, sudah pasti menimbulkan kesedihan dan kekhawatiran. Apalagi, setelah dokter memutuskan untuk memasukkan anak ke ruang perawatan intensive khusus anak atau PICU.

    PICU merupakan fasilitas atau unit terpisah didalam sebuah rumah sakit yang diperuntukkan bagi penanganan pasien anak yang mengalami gangguan kesehatan karena penyakit, kecelakaan/ trauma, atau gangguan kesehatan lain yang mengancam nyawa yang memerlukan perawatan intensif, observasi yang bersifat komprehensif, dan perawatan khusus.

   PICU diperuntukkan bagi pasien anak dengan usia di atas 28 hari sampai dengan 18 tahun. Jika ada anak usia nol sampai 28 hari yang membutuhkan perawatan intensif, akan dirawat di ruang rawat intensif bayi baru lahir (Neonatal Intensive Care Unit/NICU). Dokter anak akan menyarankan perawatan di ruang PICU apabila kondisi anak perlu dipantau secara ketat dan diperlukan penanganan semaksimal mungkin.

 

    Siapa saja yang perlu mendapatkan perawatan di ruang PICU ?

    Pasien anak yang dirawat di ruang PICU akan mendapatkan penanganan dan perawatan dari dokter spesialis anak konsultan yang siap setiap saat, dokter jaga yang mampu melakukan resusitasi jantung paru, dan perawat kompeten.

     Kriteria pasien anak yang masuk PICU berdasarkan prioritas:

     Prioritas pertama adalah anak yang menderita sakit kritis yang dengan terapi intensif dapat sembuh sempurna dan tumbuh serta berkembang sesuai potensi genetiknya.

    Prioritas kedua adalah anak yang menderita sakit kritis dengan penyakit dasar yang secara medis belum dapat ditanggulangi, namun dengan terapi intensif dapat mengatasi keadaan kritis sepenuhnya hingga anak kembali pada keadaan sebelum dirawat di PICU.

    Prioritas Ketiga adalah anak yang menderita sakit kritis dengan penyakit dasar yang menyebabkan anak tidak bisa kontak dengan lingkungannya secara permanen dan mengalami gangguan tumbuh kembang.

     Prioritas Terakhir adalah anak yang menderita sakit kritis dengan prognosis buruk sehingga dengan terapi intensif pun tidak tertolong.

     Kondisi yang dapat menjadi alasan anak membutuhkan perawatan di ruang PICU antara lain:

  1. Gangguan pernapasan serius, seperti asma berat, tersedak benda asing, pneumonia, dan sindrom gagal napas akut (ARDS).
  2. Infeksi serius, seperti meningitis bakteri dan sepsis.
  3. Syok dan cedera berat, misalnya akibat kecelakaan lalu lintas, jatuh dari ketinggian, dehidrasi, perdarahan berat, luka bakar, atau tersengat listrik.
  4. Gangguan pada otak, seperti tumor, koma, epilepsi, dan status epileptikus.
  5. Gangguan metabolik berat, seperti gangguan elektrolit, gangguan keseimbangan asam basa darah (alkaliosis dan asidosis), serta ketoasidosis diabetik.
  6. Gangguan darah, seperti anemia berat dan kanker darah (leukemia).
  7. Keracunan obat-obatan atau zat kimia lain, misalnya minyak tanah.
  8. Kerusakan organ berat, seperti gagal ginjal dan gagal hati, atau kelainan jantung yang parah
  9. Cacat bawaan lahir.

 

    Anak-anak yang baru saja menjalani operasi besar, seperti bedah jantung, saraf, ortopedi (tulang), juga THT, atau transplantasi organ dan amputasi juga memerlukan waktu pemulihan sementara di ruang PICU, sebelum dipindahkan ke ruang perawatan umum.

   Rumah Sakit Bethesda sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan yang mempunyai fungsi rujukan dapat memberikan pelayanan PICU yang profesional dan berkualitas dengan mengedepankan keselamatan pasien. Pada unit rawat intesif anak (PICU), perawatan untuk pasien dilaksanakan dengan melibatkan berbagai tenaga profesional yang terdiri dari multidisiplin ilmu yang bekerja dalam tim. Pengembangan multidispilin yang kuat sangat penting dalam meningkatkan keselamatan pasien. Selain itu dukungan sarana, prasarana serta peralatan juga tidak kalah penting dalam menyokong keberhasilan pengobatan pasien. Keberadaan ruang PICU di rumah sakit sangat penting untuk membantu penanganan anak dengan kondisi yang kritis. 

    Reviewer : dr Yiska Martelina, Sp.A.

    Sumber : Kemenkes - IDAI

 

JAM BERKUNJUNG

*Pagi 10.00 - 12.00 WIB | Sore 16.00 - 19.00 WIB
(*Pagi khusus Sabtu / Minggu / Libur)

- Selama masa pandemi jam berkunjung ditiadakan -