• INFORMASI & PENDAFTARAN
  • (0274) 586688 & 562246
Cari Dokter Berdasarkan Klinik
Cari Dokter Berdasarkan Nama
Jadwal Dokter
 

Artikel

Mengenal Gejala TBC pada Anak

Admin | 1 November 2022 | 79

MENGENAL GEJALA TBC PADA ANAK

 

    TBC atau Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang menyerang organ paru-paru. TBC tidak hanya dapat diderita oleh orang dewasa, namun juga anak-anak.  Penyakit ini terutama menyerang paru, namun juga bisa mengenai organ lain seperti selaput otak, usus, kelenjar getah bening, ginjal, tulang, dan kulit. TBC ditularkan lewat udara dari pasien TBC ke orang yang ada di sekitarnya, melalui percikan air ludah pasien saat batuk, bicara, atau bersin tanpa menutup mulut dan hidung atau tanpa menggunakan masker. Orang tua diharapkan dapat waspada dan mengetahui berbagai gejala yang muncul apabila anak mengalami TBC.

     Secara umum, gejala TBC dapat tampak secara fisik seorang anak, seperti:

  1. Berat badan anak dengan gejala TBC Paru turun atau tidak naik dalam 2 bulan terakhir
  2. Demam lama lebih dari 2 minggu dan atau berulang tanpa sebab
  3. Suhu umumnya tidak tinggi
  4. Batuk lama lebih dari 2 minggu yang makin lama makin parah yang tidak membaik dengan pemberian antibiotik
  5. Badan lemas/lesu sehingga tidak aktif bermain
  6. Munculnya benjolan di kelenjar daerah leher rahang bawah, ketiak dan selangkangan

 

     Pengobatan TBC

     Melakukan diagnosa TBC pada anak sedikit berbeda dengan orang dewasa. Pemeriksaan dahak pada dewasa biasanya dengan dahak namun bila pemeriksaan dahak pada anak   biasanya agak sulit dan jika hasilnya negatif ada akses tuberkulin atau foto toraks, pemeriksaan TB anak dilakukan penilaian dengan sistem pembobotan (scoring system) gejala dan pemeriksaan penunjang.

     TBC anak bisa disembuhkan dengan pengobatan TBC yang tepat. Jika obat tidak diminum dengan disiplin dan sampai tuntas, maka dapat beresiko menjadi TBC resistan atau kebal obat. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan TBC pada anak yaitu:

  • Vaksinasi BCG pada bayi yang baru lahir
  • Pemberian asupan gizi seimbang untuk menjaga imunitas anak
  • Cari sumber penularan, adakah orang yang sakit TBC tinggal serumah atau yang kontak erat dengan anak. Orang yang sakit TBC ini harus mendapat pengobatan TBC yang adekuat dan tuntas.
  • Pemberian Terapi Pencegahan TBC (TPT) kepada anak yang kontak serumah dengan pasien TBC aktif.
  • Upayakan menjaga lingkungan rumah/ tempat tinggal tetap bersih, tidak lembab dan pastikan sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.

     Informasi dan gambaran umum terkait TBC pada anak diatas, diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan kepada para orangtua untuk bisa lebih memperhatikan tumbuh kembang dan berbagai gejala yang muncul pada sang anak.

   Tetap terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), bersegera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat apabila mengalami gejala TBC untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan secara tepat oleh petugas kesehatan.

 

    Sumber : Promkes Kemenkes RI 2022

JAM BERKUNJUNG

*Pagi 10.00 - 12.00 WIB | Sore 16.00 - 19.00 WIB
(*Pagi khusus Sabtu / Minggu / Libur)

- Selama masa pandemi jam berkunjung ditiadakan -