• INFORMASI & PENDAFTARAN
  • (0274) 586688 & 562246
Cari Dokter Berdasarkan Klinik
Cari Dokter Berdasarkan Nama
Jadwal Dokter
 

Artikel

TIPS CERDAS CEGAH STROKE

Admin | 29 Juni 2022 | 137

Tips CERDAS cegah Stroke

Dr. dr. Rizaldy Pinzon, MKes, Sp.S - RS Bethesda/ FK UKDW Yogyakarta

 

C : Cari dan kendalikan faktor risiko yang ada

Pencegahan stroke dimulai dengan mengenali dan mengendalikan faktor risiko stroke. Faktor risiko stroke yang utama dalah hipertensi, kolesterol darah yang tinggi, dan diabetes. Bila telah terdeteksi, maka diperlukan upaya mengendalikannya seoptimal mungkin.

E : Enyahkan strees

Stress emosional dihubungkan dengan peningkatan tekanan darah, peningkatan denyut nadi, gangguan tidur, dan berujung pada peningkatan kejadian hipertensi dan diabetes.

R : Rajin berolahraga

Olahraga teratur yang bersifat aerobic (berjalan, berlari, bersepeda, dan berenang) memiliki korelasi yang positif dengan perbaikan konsumsi oksigen jaringan otot, memperbaiki denyut jantung, memperbaiki sensitivitas hormon insulin, dan memperbaiki peredarahan darah ke jaringan.

D : Diet seimbang

Diet rendah lemak jenuh dianjurkan untuk mengurangi risiko kolesterol darah yang tinggi dan kegemukan. Batasi penggunaan garam yang berlebihan untuk mencegah hipertensi. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran yang memiliki sifat anti oksidan.

A : Awasi tekanan darah

Tekanan darah tinggi secara konsisten dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan kematian dini. Bila telah terdiagnosis tekanan darah tinggi (tekanan darah > 140/ 90 mmHg), maka diperlukan perubahan pola hidup. Pada kasus dimana perubahan pola hidup tidak berhasil menurunkan tekanan darah ke level yang normal (130/ 80 mmHg), maka diperlukan pengobatan farmakologik.

S : Singkirkan rokok

Merokok terbukti meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Stroke merupakan penyebab kecacatan dan kematian yang utama. Serangan stroke tidak hanya memiliki dampak yang besar bagi penyandangnya, namun juga bagi keluarganya. Biaya yang dikeluarkan untuk perawatan stroke juga sangat besar. Pemahanam akan pencegahan stroke akan sangat bermanfaat untuk meminimalkan dampak serangan stroke. Tips CERDAS (Cari dan kendalikan faktor risiko, Enyahkan stress, Rajin olahraga, Diet seimbang, Awasi tekanan darah, dan Singkirkan Rokok) dapat dipakai sebagai upaya pengingat akan pencegahan stroke. Pada akhirnya kita diingatkan akan pepatah lama “Mencegah lebih baik daripada mengobati”.

 

 

 

JAM BERKUNJUNG

*Pagi 10.00 - 12.00 WIB | Sore 16.00 - 19.00 WIB
(*Pagi khusus Sabtu / Minggu / Libur)

- Selama masa pandemi jam berkunjung ditiadakan -