• INFORMASI & PENDAFTARAN
  • (0274) 586688 & 562246
Cari Dokter Berdasarkan Klinik
Cari Dokter Berdasarkan Nama
Jadwal Dokter
 

Artikel

Klas ibu Hamil dan Prenatal Yoga, seberapa penting ?

Admin | 12 Februari 2022 | 202

Klas ibu Hamil dan Prenatal Yoga, seberapa penting ?

Kehamilan merupakan suatu proses alami yang Tuhan berikan, maka sudah selayaknya dengan penuh rasa syukur dan cinta kita memelihara dan menjaga sejak dini. Salah satu upaya untuk memberdayakan diri tersebut adalah dengan mengikuti Klas Ibu Hamil dan Prenatal Yoga. Harapannya dengan demikian ibu dapat mempersiapkan sejak dini secara fisik dan mental sehingga menjalani kehamilan dan persalinan dengan suka cita.

Mari mommies kita simak ya lebih lanjut manfaat Kelas Ibu Hamil dari laman Kemenkes dan Very Well Family, sebagai berikut:

1.  Dapat konsultasi lebih awal

Biasanya ibu hamil sering kali tidak melakukan pemeriksaan prenatal pertama sampai trimester pertama hampir berakhir sehingga membuat ibu hamil tidak tahu tentang banyak topik yang sangat penting yang perlu dibahas lebih awal dalam kehamilan

2.  Mempelajari kehamilan lebih dini

Dengan mengikuti kelas ibu hamil, maka dapat mengetahui bagaimana bayi berkembang dan membuat kehamilan jadi menyenangkan secara lebih dini. Untuk hal-hal yang mendasar mungkin informasinya dapat ibu hamil temukan dan pahami dari berbagai sumber. Namun dengan mendengarkan informasi secara langsung di kelas ibu hamil akan sangat membantu dan juga menjadi cara yang bagus untuk melibatkan pasangan sejak dini.

3.  Paham cara menjaga keamanan saat hamil

Kelas ibu hamil yang diikuti sejak awal kehamilan sangat bagus untuk mengetahui hal mendasar agar aman selama kehamilan mommy.

4.  Bersosialisasi

Menemukan orang lain dan bersosialisasi sejak dini adalah cara yang bagus untuk berbagi pengalaman dengan mommy lain. Hal ini menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi mommy karena merasa tidak sendiri. Tidak hanya bertukar informasi seputar perubahan tubuh, mommy juga bisa bertukar info seputar rumah sakit, dokter kandungan.

5.  Mengetahui standar nutrisi kehamilan

Kelas ibu hamil menjadi tempat yang bagus dan tepat untuk belajar tentang nutrisi dan olahraga khusus selama kehamilan. Selain itu, ini juga menjadi cara untuk memastikan bahwa ibu hamil mendapatkan informasi yang akurat untuk menepis beberapa mitos mapupun informasi yang kurang benar dari berbagai sumber.

6.  Mendapat Informasi lengkap

Materi yang diberikan selama mengisi kelas ibu hamil akan dibahas secara menyeluruh dan terencana sesuai pedoman, yakni mengenai kehamilan, hingga pembuatan akte kelahiran bayi. Selain itu, penyampaian materi pun akan diberikan dengan lebih komprehensif dari ahlinya.

Kelas ibu hamil dilakukan secara interaktif antara mommy dengan petugas   kesehatan bisa saling berkomunikasi saat pembahasan materi dilaksanaka

Sedangkan manfaat Prenatal Yoga:

1. Membantu Tubuh untuk Tetap Sehat, Kuat, dan Aktif

Saat hamil, tubuh ibu akan mengalami perubahan yang cukup drastis, baik secara fisik, hormonal maupun emosional. Hormon seperti estrogen, progesteron, prolaktin, relaxin, dan oksitosin meningkat tajam dan mengubah tubuh ibu hamil. Berlatih prenatal yoga bisa membantu untuk bisa beradaptasi secara konsisten terhadap perubahan tubuh tersebut.

2. Membantu Meningkatkan Keseimbangan Tubuh dan Mengurangi Sakit Pinggang

Masalah umum yang sering dialami ibu hamil biasanya adalah kehilangan keseimbangan tubuh, dan pertumbuhan bayi dalam rahim yang juga sering mengakibatkan sakit pinggang berkepanjangan. Banyak gerakan prenatal yoga yang akan membantu sirkulasi tubuh, melatih keseimbangan tubuh, dan membantu merenggangkan otot pinggang.

3. Belajar Teknik Pernapasan

Salah satu teknik yang dilatih dalam yoga adalah teknik pernapasan. Berlatih teknik pernapasan akan memberikan efek yang positif bagi ibu hamil, tidak hanya untuk fisik namun juga untuk mental. Penting bagi ibu hamil untuk dapat bernapas dengan baik, karena hal ini bisa membantu dalam mengontrol emosi selama kehamilan. Dengan berlatih teknik pernapasan dapat juga meningkatkan kualitas napas dan memaksimalkan asupan oksigen yang baik untuk janin. Tidak hanya itu, berlatih teknik pernapasan juga sangat membantu ibu hamil saat proses kontraksi dan persalinan.

4. Membantu Relaksasi dan Lebih Mudah Beristirahat

Di masa kehamilan, ibu hamil mempunyai kecenderungan merasa cemas sepanjang waktu. Selain membuat khawatir dan tidak nyaman, perasaan cemas ini bisa menyebabkan ibu hamil sering sulit tidur. Tidak hanya rasa cemas, saat memasuki trimester ketiga kehamilan, sulitnya memilih posisi tidur juga bisa menjadi penyebab utama ibu hamil mengalami insomnia.Berlatih prenatal yoga secara rutin bisa memiliki peran besar untuk membantu ibu hamil lebih tenang dan lebih rileks di kala rasa cemas tiba-tiba muncul.

5. Melatih Diri dan Mempersiapkan Area Pinggul untuk Proses Melahirkan.

Saat hamil, mommy akan mengalami kehilangan keseimbangan tubuh, dan pertumbuhan bayi dalam rahim yang juga sering mengakibatkan sakit pinggang berkepanjangan. Melakukan prenatal yoga akan membantu sirkulasi tubuh, melatih keseimbangan tubuh dan membantu meregangkan otot pinggang. Banyak postur atau gerakan dalam prenatal yoga yang ditujukan untuk membantu mempersiapkan otot-otot di area pinggul lebih lentur dan fleksibel untuk proses melahirkan.

6. Menjalin bonding atau ikatan batin dengan janin

Saat berlatih prenatal yoga, banyak sekali gerakan yang dilakukan yang mengharuskan ibu hamil berkomunikasi dengan bayi yang ada di dalam kandungan. Instruktur akan mengajarkan bagaimana berkomunikasi dengan bayi yang membuat bayi merasa nyaman, misal mengusap perut sebelum memulai yoga.

7. Mengurangi Risiko Terjadinya Komplikasi Kehamilan

Studi pada 2015 dalam American Journal of Perinatology menemukan bahwa praktik prenatal yoga dapat melindungi ibu hamil dari komplikasi tersebut. Prenatal yoga dapat membuat suasana hati ibu hamil menjadi lebih baik dan mencegah stres. Stres mampu meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur. Namun, dengan melakukan prenatal yoga, ibu hamil bisa mencegah munculnya stres sehingga terhindar dari kedua risiko tersebut.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Melakukan prenatal yoga secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah yang dialami ibu hamil akibat stress. Detak jantung dan tekanan darah usai melakukan prenatal yoga bisa menjadi lebih rendah ketimbang latihan-latihan ringan lainnya, seperti berjalan kaki.

9. Menjaga Berat Badan

Aktivitas fisik yang dilakukan pada saat prenatal yoga membuat ibu hamil tetap aktif dan membantu menjaga kenaikan berat badan dengan baik sebelum melahirkan. Kenaikan berat badan yang berlebih pada masa kehamilan, terutama menjelang persalinan, tentu bukan hal yang baik karena bisa menyulitkan proses persalinan.

Sebelum pandemi COVID-19, kelas ibu hamil dilakukan secara tatap muka di Rumah Sakit Bethesda secara intensif sekali dalam seminggu. Namun mommy tidak perlu khawatir, kami menawarkan beberapa pilhan layanan Klas Ibu Hamil dan Prenatal Yoga.

Pelayanan Klas Ibu dan Prenatal Yoga RS Bethesda Yogyakarta:

    Onsite setiap Sabtu di WHC Lantai 3 Gedung Poliklinik.
    Prenatal Yoga Home Visit
    Prenatal Yoga Online
    Prenatal Yoga Couple

Hubungi CP : Asri Kusumahati – 087839754457

 


                                                        

JAM BERKUNJUNG

*Pagi 10.00 - 12.00 WIB | Sore 16.00 - 19.00 WIB
(*Pagi khusus Sabtu / Minggu / Libur)

- Selama masa pandemi jam berkunjung ditiadakan -