Program Pelayanan
Anda adalah pengunjung ke
58041

Program Pelayanan

6 September 2012
YES 118 (Yogya Emergency Service)

 

Apa Itu YES 118?
YES 118 merupakan program Pemerintah Kota Yogyakarta yang bertujuan memberikan pelayanan kegawatdaruratan (kecelakaan dan penyakit medis yang mengancam jiwa) yang terjadi di wilayah Kota Yogyakarta secara cepat dan tepat. Disahkan dengan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 45 Tahun 2008, Program YES 118 dimulai sejak tanggal 1 November 2008 dan diresmikan oleh Walikota Yogyakarta pada tanggal 12 November 2008.
 
YES 118 melibatkab instansi antara lain Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Puskesmas di Kota Yogyakarta, PMI Cabang Kota Yogyakarta, RS Bethesda, RS Panti Rapih, RS PKU Muhammadiyah, RS Bethesda Lempuyangwangi, RS Dr. Soetarto/DKT, RS Ludira Husada Tama, RS Islam Hidayatullah, RS Happy Land, RSUD Kota Yogyakarta, PT Telkom, PT Jasaraharja, PT Jamsostek, Jamkesos, dan Instansi Pemkot lainnya.
 
Biaya yang Dibantu Pemerintah Kota Melalui YES 118
Pemerintah Kota Yogyakarta akan membantu pembiayaan kasus yang dilayani dan dalam koordinasi YES 118 dengan kejadian di wilayah Kota Yogyakarta selama 24 jam tanpa mengenal identitas (KTP).
 
Biaya yang dibantu pemerintah kota melalui YES 118:
  1. Biaya transportasi rujukan dari lokasi kegawatdaruratan sampai ke RS
  2. Biaya tindakan dan bahan medis pakai habis selama dalam perjalanan ke RS
  3. Biaya selama 24 jam pertama perawatan di Instalasi Gawat Darurat (iGD) RS yang tidak didampingi (tidak diketahui keluarganya) atau pasien tanpa identitas
Pembiayaan akan diurus oleh tim YES 118 yang merujuk ke RS dan rumah sakit yang menjadi tempat rujukan, selama 24 jam pertama masyarakat tidak perlu mengurus sendiri.
 
Pembiayaan selanjutnya setelah 24 jam pertama akan menjadi tanggungan pasien/keluarga atau badan asuransi sesuai keikutsertaan pasien.
 
Apabila lebih 24 jam pasien tidak diketahui identitasnya, maka biaya rawat inap selanjutnya dibebankan kepada Jamkesda atau Jamkesos dengan dilampiri surat keterangan/rekomendasi dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, sebagai orang terlantar.
 
Apabila dalam rentang waktu 24 jam pertama korban sudah ada keluarga/pendamping/penjamin, tanggung jawab pembiayaan dikembalikan ke keluarga/pendamping/penjamin.

Prosedur
  1. Jika ada kejadian gawat darurat (trauma dan medis yang mengancam jiwa) langsung hubungi 118 atau (0274) 420118

  1. Operator di pusat informasi YES 118, yang berada di PMI Cabang Kota Yogyakarta, akan melayani Anda dan juga akan memandu dalam memberikan pertolongan pertama sederhana. Selain memandu operator YES 118 akan menghubungi salah satu dari 9 rumah sakit yang terdekat dengan tempat kejadian
 
  1. Selama ambulan menuju lokasi, operator YES 118 akan selalu menjaga komunikasi dengan tim ambulan hingga pasien/korban masuk ke rumah sakit atau proses pertolongan dan evakuasi selesai
 
  1. Tim ambulan melakukan tindak pertolongan pertama di tempat kejadian sebelum korban/pasien dirujuk ke rumah sakit
 
  1. Korban/pasien dirujuk ke rumah sakit sesuai permintaan pasien/keluarga

  1. Setelah pasien/korban masuk ke Instalasi Gawat Darurat, pihak rumah sakit akan menguruskan jaminan pasien/korban yang dibantu pemerintah selama 1x24 jam melalui UPTD JPKD Pemerintah Kota Yogyakarta. Apabila dalam rentang waktu 24 jam pertama korban sudah ada keluarga/pendamping/penjamin, tanggung jawab pembiayaan dikembalikan ke penjamin.