Medis
Anda adalah pengunjung ke
42236

Medis

18 November 2013
PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI

Pencegahan dan pengendalian infeksi nosokomial atau HAI (Health Care Associated Infection) mutlak harus dilaksanakan di rumah sakit. Hal ini disebabkan kejadian infeksi nosokomial dapat menimbulkan kerugian bagi pasien mulai dari perawatan menjadi lebih lama yang berarti dapat memperlama penderitaan baik secara fisik dan mungkin psikis serta finansial, sampai dengan kejadian paling serius yaitu KEMATIAN sedangkan bagi rumah sakit kerugian yang paling besar adalah biaya operasional yang sangat tinggi dan kerugian non materi misalnya menyangkut performance rumah sakit di mata masyarakat kurang baik.

RS Bethesda dalam rangka menekan terjadinya infeksi nosokomial mengadakan Sosialisasi Pengendalian Infeksi Nosokomial di rumah sakit yang diikuti oleh perawat yang bertugas di Rawat Jalan, Rawat Inap, Inst. Rawat Intensif, Inst. Gawat Darurat dan Tenaga Non Medis

Tujuan dari sosialisasi ini untuk Meningkatkan Pengetahuan Petugas Kesehatan khususnya perawat dalam upaya pencegahan dan pengendalian infeksi nosokomial, adapun tujuan khususnya :

a. Meningkatkan ketrampilan petugas dalam mengendalikan dan mencegah infeksi nosokomial

b. Memberikan kesempatan petugas untuk meningkatkan ilmu pengetahuan tentang pengendalian dan pencegahan infeksi nosokomial

c. Meningkatkan peran serta petugas kesehatan khususnya perawat dalam meningkatkan keamanan pelayanan di rumah sakit (pasien safety)

Bentuk Kegiatan Sosialisasi adalah :

1. Ceramah                                      2. Diskusi & Presentasi

3. Tanya Jawab                                4. Simulasi

5. Survey Lapangan & Study Kasus

Harapan diadakan pelatihan tersebut agar seluruh staff di rumah sakit mengerti dan memahami kemudian menyadari arti pentingya pengendalian infeksi nosokomial dan akhirnya tercipta sikap dan perilaku yang selalu kondusif terhadap upaya pencegahan dan pengendalian infeksi nosokomial.

BUDAYAKAN CUCI TANGAN SETIAP AKAN DAN SESUDAH MELAKUKAN TINDAKAN DAN MEMBIASAKAN HIDUP BERSIH

Disampaikan oleh Bagian Humas &  Pemasaran bekerjasama dengan KOMITE PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI NOSOKOMIAL