Berita
Anda adalah pengunjung ke
58049

Berita

16 November 2016
PIO RS Bethesda Edukasi Pasien Peringatan HKN ke-25

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh setiap tanggal 12 November, Pelayanan Informasi Obat (PIO) RS. Bethesda Yogyakarta mengadakan kegiatan Kampanye Informasi Obat.

“Kegiatan Kampanye Informasi Obat ini merupakan wujud nyata serta peran aktif Apoteker, khususnya di Instalasi Farmasi RS. Bethesda Yogyakarta dalam memberikan edukasi terkait obat kepada masyarakat luas serta mendukung program Tim Promosi Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit (PKMRS) Bethesda Yogyakarta”, ungkap V. Susi Purwanti Rahayu,  Apoteker Kepala Instalasi Farmasi RS. Bethesda Yogyakarta.

Dalam peringatan HKN ke 52 tahun 2016 ini, PIO RS. Bethesda Yogyakarta mengambil tema “Apoteker SAPA TB (Sadari dan Awasi Pengobatan Tuberculosis). Tema tersebut dipilih atas dasar kepedulian Apoteker RS. Bethesda terhadap angka kejadian pasien dengan penyakit TB yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Tema tersebut juga sejalan dengan program Kementrian Kesehatan pada HKN ke 52 tahun 2016 ini yang salah satunya adalah mengupayakan dan memastikan penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan yang baik dan sesuai standar sehingga tujuan pengobatan tercapai secara maksimal. Informasi obat diberikan melalui leaflet maupun informasi lisan secara langsung kepada pasien, keluarga pasien maupun masyarakat umum.

Kampanye Informasi Obat diselenggarakan pada hari Sabtu (12/11) pukul 07.00 – 19.00 WIB di ruang tunggu pasien rawat jalan dan pengunjung pasien rawat inap RS. Bethesda Yogyakarta.
“Harapan kami sebagai Apoteker agar dapat berpartisipasi aktif dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat” sesuai dengan tema nasional HKN ke 52 tahun 2016 dengan cara melakukan pendekatan keluarga melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Semoga dengan adanya kegiatan aktif semacam ini masyarakat mendapatkan informasi dan edukasi terkait obat dan dapat menerapkan apa yang masyarakat peroleh lewat kampanye informasi obat ini dalam kehidupan sehari-hari untuk peningkatan kualitas kesehatan mereka”, kata  V. Susi Purwanti Rahayu, S.Si., Apt.